Coreldraw Atau Illustrator?

Ada dua diantara program applikasi grafis yang sangat luas digunakan, yaitu Coreldraw dan Adobe Illustrator. Mungkin anda telah menggunakan salah satu dari program tersebut atau mungkin kedua-duanya.

Mungkin ada pertanyaan, diantara dua program tersebut, mana yang lebih baik saya gunakan (meski lebih baik jika kita mampu menggunakan kedua-duanya)? Jawaban untuk pertanyaan ini bisa berbeda. Ada yang bilang lebih baik coreldraw, ada yang bilang lebih baik illustrator.

Sebelum anda memutuskan untuk memilih yang mana, menurut saya, ada beberapa hal yang dapat menjadi bahan pertimbangan, diantaranya (semua berdasarkan pengalaman penggunaan):

  • 1. Illustrator punya tampilan warna yang lebih baik, meski bukan berarti warna-warna pada Coreldraw tidak baik;
  • 2. Penggunaan illustrator ternyata lebih “berat”–menggunakan memory yang lebih besar;
  • 3. Dalam hal kestabilan program, illustrator ternyata lebih stabil dibandingkan Coreldraw. Anda mungkin sering mengalami ketika tiba-tiba Corel memunculkan pesan Corel ARM dan meminta menutup program serta menyimpan hasil kerja anda ke dalam folder Temp. Meski pada Corel 13 hal ini lebih jarang terjadi;
  • 4. Untuk teknik-teknik (tools-tools) menggambar, Corel dan Illustrator memiliki tools yang hampir sama, bahkan dalam Corel kita bisa memilih untuk menampilkan dan menggunakan tools seperti yang ditampilkan dan digunakan dalam Illustrator; tapi bagi saya untuk menggambar dan melakukan modifikasi pada kurva-kurva lebih “enak” pake Corel…….menurut saya lho!;
  • 5. Dalam hal printing image, ada beberapa hal yang bisa saya sampaikan (lagi-lagi ini menurut saya dan berdasar pengalaman saya) :
    • a. Untuk gambar-gambar kurva sederhana, Corel dan Illustrator sepertinya memiliki “nilai” yang sama;
      b. Untuk menghasilkan print raster (dengan printer postscript), lebih enak menggunakan Corel. Dengan Illustrator, kita harus mengaktifkan terlebih dulu perintah print separation meskipun gambar yang kita print hanya menggunakan tingkatan warna hitam (misal 50% black) sebelum dapat menentukan nilai raster (lpi)-nya;
      c. Pemberian tanda register dan printer mark lainnya Corel memberikan pilihan yang lebih mudah bagi kita untuk menentukannya;
      d. Untuk print bitmap atau gambar-gambar yang lebih kompleks, Corel membutuhkan waktu yang lebih lama serta seringkali membuat program menjadi not rersponding;
  • 6. Untuk pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan teks dan modifikasi teks, sepertinya lebih “enak” menggunakan Corel;
  • 7.Dalam hal pekerjaan menggunakan layer, bagi yang terbiasa dengan layer yang ada di photoshop, pasti lebih enak menggunakan layer yang ada di illustrator karena penggunaannya mirip dengan yang ada di photoshop. Tetapi sistem layer yang disediakan Corel juga sangat baik dan banyak fungsinya;
  • 8. Apalagi ya?….mesti ada pancingan nih!
  • About these ads

    8 thoughts on “Coreldraw Atau Illustrator?

    1. pengunaanseleksi objec di illstrator ada opsi seleksi berdasakan texk, objec, outline to stroke, fill, dan banyak lagi jadi memudahkan kita untuk memilih objec yang sama secara keseluruhan dengan sekali klik..)

    2. Saya sering mengerjakan editing berkaitan dengan teks, untuk desain2 dwi bahasa, misal arab dan latin, corel belum ada yg sempurna hingga versi 14.
      gak tahu deh kalo ilustrator.
      BTW, untuk zooming aja di photosop cs terakhir kini ngikutin cara zooming photopaint, .. ada yg lain..?

    3. menurt\ut saya pribadi..yg saya gunakan antara corel dan ilustrator…saya pilih ILLUSTARTOR karna dari corel awal juga sampai sekarang vector kurang luwes penggunakan pen toolnya dan hasil warna jatuh waktu di dunia cetak dan bila di konvert ke ai..ato ke FH hancur vectornya dan saya coba di illustrator awal..di mac dan pc waa..menakjubkan semuanya sangat mudah dalam penggunaan toolnya hasil dari illustrator perlu sedikit sekali node (dalam corel)
      kalo corel..perlu beberapa node..untuk hasil maksimal…itu menurut saya pribadi..karena saya sering otak atik 2 program ini dalam mengambar sampai versi yg trbaru ini…untu melihat kelebihan dan kekurangan…dan hasil…masih unggul ILLUSTRATOR…LOH…hehehe

    4. pertama belajar Corel Draw, tapi kemudian ada yang ngajarin Illustrator …
      dan sekarang jadi lebih suka Illlustrator …

      ternyata bukan dari tools dan apa lah yang bikin nyaman …

      KEBIASAAN dan SERING …

      jadi klo dah terbiasa dan sering digunakan , maka hasil pun akan lebih bagus …
      klo di game sih bisa dibilang EXP nya naik … ^^a

    5. kl menurut saya , awal untuk mudahnya belajar dari awam memang corel, tapi mungkin dilihat dari penerapannya untuk bidang apa. kalau hanya sablon / kaos digital cukuplah pakai corel dan cepat. tapi kalau percetakan kertas, kaleng dll saya masih bilang unggul illustrator terutama sekali dari sisi warna. ini tidak bisa diabaikan di percetakan besar. Terutama di Internasional juga rata2 menggunakan Illustrator. sebab saya pindah dari corel ke Ai jg , karna setiap kirim desain untuk cetak diluar, selalu mereka minta conversi ke Ai. anehnya malah dilokal saya siapkan Ai malah minta diconversi ke Corel alasannya mereka gak bisa buka/operate Ai…yg sangat membantu fungsi select same color/stroke/object/text di Ai.

    Leave a Reply

    