FILM UNTUK SABLON DAN SEPARASI: JAWABAN ATAS PERTANYAAN2

Mohon maaf baru bisa posting lagi, ini pun sebenarnya dipaksakan disela-sela kesibukan saya.

Kali ini saya akan mecoba menjawab beberapa pertanyaan yang sempat saya terima melalui e-mail. Ternyata banyak sekali yang tertarik kepada proses film untuk sablon, bahkan kepada teknik sablon itu sendiri.

Sementara ini yang bisa saya jawab adalah :

Teknik separasi untuk film sablon :

Teknik separasi ini sebenarnya sama saja dengan kalau kita membuatnya untuk film offset atau cetak dengan mesin lainnya. Perbedaannya terletak pada :

  • Cetak sablon memiliki keakuratan yang lebih kecil. Karena itu nilai overprint (masukkan) harus kita buat sedikit lebih besar untuk menghindari misregister. Bisa dibaca kembali postingan Film Untuk Sablon.

  • Cetak sablon lebih banyak menggunakan warna khusus (bukan CMYK), pemisahan warna untuk film sablon lebih sering dilakukan secara manual (lihat tulisan Film Untuk Sablon), kecuali untuk gambar yang memang mensyaratkan pemisahan otomatis oleh output devices (printer, mesin film) misalnya gambar wajah.

Separasi dengan printer :

Kita bisa juga melakukan pemisahan warna dengan mengandalkan pemisahan warna yang dilakukan oleh printer. Misalkan kita memiliki gambar dengan warna-warna seperti di bawah ini :

 

Warna yang kita gunakan adalah : (1). merah, yang merupakan hasil mix antara warna yellow 100% dan magenta 100%. Artinya warna merah sebenarnya adalah campuran antara warna magenta dan yellow dengan perbandingan 1:1. (2) Pantone 108C, adalah warna jadi sesuai dengan Pantone Matching System (PMS) yang dikeluarkan oleh Pantone Inc, bukan warna prosess (CMYK) . (3) Registration color, adalah warna yang akan selalu ada (ikut tercetak) bila dicetak dengan teknik separasi.

Note : Pengaturan komposisi warna prosess dalam teknik separasi merupakan hal yang sangat penting, karena seringkali warna yang kita lihat di layar monitor ternyata tidak sama dengan hasil cetaknya. Orang seringkali merasa frustrasi ketika sebuah logo, misalnya, yang telah didisain dengan susah payah ternyata menjadi terlihat sangat biru ketika telah “naik cetak”. Untuk itulah kita harus memahami komposisi warna, serta bahwa warna yang sama dapat terlihat berbeda pada bahan yang berbeda (kertas/kain/plastik). Sehingga sekalipun di layar monitor kita melihat warna yang berbeda kita tahu seperti apa warna tersebut nantinya setelah proses cetak. Inilah pentingnya hal tersebut serta mengapa Pantone menciptakan PMS. Untuk pemahaman yang lebih baik mengenai hal ini, silakan baca di sini.

Untuk pencetakan dengan printer (sebagai contoh digunakan printer HP Laserjet 8150PS) langkah-langkahnya adalah sebagai berikut : 1 Pilih (blok) gambar yang akan dicetak, kemudian pada menu File klik perintah Print. 2 Akan muncul print menu seperti berikut :

Pada sub jendela General, pilihlah nama printer yang digunakan (HP Laserjet 8150PS). Atur Print range-nya apakah Curent document, Current page, Documents, Selection ataukah halaman-halaman tertentu saja (Pages). Jika ingin yang kita print hanyalah objek-objek yang kita tadi pilih saja, maka pada pilihan print range-nya kita set sebagai Selection. Tetukan berapa banyak duplikasi printout yang kita inginkan dengan menentukan angka pada pilihan Copies.

Untuk pengaturan pencetakan printer, klik kotak Properties. Di situ kita bisa atur jenis kertas yang akan digunakan untuk mencetak, mode pencetakan Potrait atau Landscape, dari tray mana kertas cetak diambil, dsb . Sedangkan pengaturan skala pembesaran hasil printout, posisi gambar pada kertas output, dsb kita atur pada sub jendela Layout. Jika ingin objek tersebut tercetak sebagaimana posisinya pada halaman gambar, maka pada Image posisition and size kita set sebagai “As in document”.

3 Untuk mencetak separasi, klik sub jendela Separations. Aktifkan tanda centang disebelah tulisan Print separations. Pada kotak area di bagian bawah akan muncul warna-warna yang terdapat dalam gambar atau dokumen yang akan kita print. Warna-warna yang akan tercetak sebagai hasil separasi ditandai dengan kotak berwarna dan nama warna yang bertanda centang di sebelah kirinya. Jika tanda centang disamping suatu warna kita matikan, maka warna tersebut tidak akan memiliki wakil pada hasil cetakan (tidak ikut tercetak), artinya film untuk warna tersebut tidak akan dicetak.

Untuk mengatur urutan pencetakan per warna, besarnya sudut (angle) dan Frequency (nilai raster) untuk tiap warna, aktifkan tanda centang pada pilihan Use advanced settings atau klik kotak Advanced. Pilihan ini hanya aktif kalau printer yang kita gunakan adalah dari jenis postscript printer. Jika bukan, maka kita tidak dapat mengatur besarnya sudut dan nilai raster hasil cetakan. (Untuk printer bukan postscript kita hanya dapat mengatur nilai dpi saja, yang hanya menghasilkan cetakan yang lebih halus atau kasar).

Pada contoh gambar kita, terdapat satu warna khusus (Pantone 108C). Ini akan membuat hasil cetakan kita akan terdiri atas tiga film, yaitu film untuk warna Magenta, Yellow dan Pantone 108C. Kalau kita tidak ingin ada warna khusus tetapi semua warna dianggap adalah warna prosess (CMYK), maka kita harus mengaktifkan tanda centang disamping kiri menu Convert spot colors to process. Bila ini kita lakukan, maka warna Pantone 108C akan diubah menjadi sebagai mix dari warna prosess Magenta (raster) dan Yellow (raster), sehingga kita hanya akan punya dua film (magenta dan yellow).

Untuk pengaturan film pracetak, kita bisa mengaturnya pada sub menu Prepress. Di sini kita bisa atur :

  • Paper/film setting : Invert , untuk menghasilkan film negatif; dan mirror untuk menghasilkan film terbaca terbalik. Film untuk offset biasanya dicetak mirror (terbalik), sedangkan untuk sablon tidak (kecuali untuk cetak sticker atau flocking).

  • Tanda-tanda cetak dan informasi film.

4. PostScript. Disinilah kita bisa mengatur nilai raster dari film yang ingin kita hasilkan. Sekali lagi, sub menu ini hanya ada bila printer yang kita gunakan adalah tipe PostScript Printer (biasanya jenis-jenis printer laser tertentu — bisa ditanyakan pada penjualnya). Untuk printer yang bukan postScript, menu ini tidak akan tampil.

Pada jendela menu postscript ini kita mengatur screen frequency (nilai raster) film yang ingin kita buat. Untuk sablon biasanya nilai 60 lpi sudah cukup halus. Kalu kita set di atas nilai 60 (misalnya 70 atau 80), maka nanti akan mengalami kesulitan pada saat proses afdruk screen dan proses cetaknya. Untuk sablon spanduk, nilai lpi tersebut bisa kita set dibawah nilai 50 hingga 30 lpi. Makin kecil nilai lpi, makin kasar (dot-nya makin besar) rasternya.

Pengaturan printer lainnya adalah pada sub menu Misc.

Bila semua proses pengaturan pencetakan dengan printer telah kita lakukan dengan benar, maka film separasi yang kita hasilkan dari contoh gambar kita tadi akan seperti gambar di bawah. Kita akan menghasilkan tiga film: A, B dan C yang masing-masing merupakan film untuk warna magenta, yellow dan Pantone 108C. Kita juga dapat menghasilkan tiga film (C, D dan E) dari gambar yang sama jika warna Pantone 108C pada gambar kita set sebagai overprint fill (caranya: klik kanan pada gambar yang berwarna Pantone 108C, kemudian klik/aktifkan tanda centang overprint fill.

Untuk sementara hanya itu dulu pertanyaan-pertanyaan yang bisa saya jawab, mudah-mudahan bisa membantu. Insya Allah saya bisa membahas pertanyaan-pertanyaan lain yang diajukan.

Terimakasih

Kambinglaut

231 thoughts on “FILM UNTUK SABLON DAN SEPARASI: JAWABAN ATAS PERTANYAAN2

  1. ok..thanks…
    mmm…kalo separasi foto??apa sama aja??
    terus…tinta yang baik untuk di gunakan cetak separasi apa yagh??..
    thanx..

  2. pixma 18xx memang bisa untuk bikin film, tapi nanti hasilnya kurang begitu bagus (kurang tajam) dan tidak bisa untuk print raster yang ingin kita atur tingkatannya. Untuk hal itu, kita harus menggunakan printer laser jenis postscript.

    • laserjet jenis poscrip type berapa ja bos dan merek apa? apa semua laserjet jenis poscript bisa dipake? kira2 yang di referensikan laserjet jenis apa aja?

  3. om, kalo untuk separasi yang biasa di corel gitu aku dah paham kayaknya, tapi aku liat kaos2 sekarang terutama yang warnanya item, pisah warnanya kok bukan CMYK sih? sepertinya gak pake tinta item, trus warna2 kombinasinya aneh, bukan warna dasar spt CMYK,, kadang ada warna abu2, ungu, ato warna2 polosan yang laen, tapi hasil akhirnya tetep kelihatan realis, kayak separasi CMYK, gimana caranya..? penasaran banget, soalnya aku bekerja di pembuatan kaos, bagian desain, di kota kecil, pgn banget ngerti ilmunya, sebelumnya terima kasih banyak

    contohnya seperti ini : http://img165.imageshack.us/my.php?image=cimg1251aajw0.jpg
    http://img267.imageshack.us/my.php?image=155102042381c14f82c8obc6.png

  4. om, kalo untuk separasi yang biasa di corel gitu aku
    dah paham kayaknya, tapi aku liat kaos2 sekarang
    terutama kaos yang warnanya item, pisah warnanya kok bukan CMYK sih? sepertinya gak pake tinta item, jadi warna hitamnya ikut warna dasar kaos, trus warna2
    separasinya aneh, bukan warna dasar spt CMYK,, kadang
    ada warna abu2, ungu, ato warna2 oplosan yang laen,
    tapi hasil akhirnya tetep kelihatan realis, kayak
    separasi CMYK, gimana caranya..? penasaran banget,
    soalnya aku bekerja di pembuatan kaos, bagian desain,
    di kota kecil, pgn banget ngerti ilmunya, sebelumnya
    terima kasih banyak

    contohnya seperti ini :
    http://img165.imageshack.us/my.php?image=cimg1251aajw0.jpg
    http://img267.imageshack.us/my.php?image=155102042381c14f82c8obc6.png

    • bang herry, boleh minta dikirimi email jawaban dari bang kambing laut juga? (bang kambing laut, ijin dulu sebelumnya bang, siapa tau pas pulak lagi sibuk, awak minta tolong juga pada bang herry),

      terimakasih banyak sebelumnya,
      mreyzahandika@yahoo.com

  5. Untuk Hery dan juga Bimo Yea, karena pertanyaan anda membutuhkan jawaban yang agak panjang, maka dengan senang hati saya telah mengirimkan e-mail ke alamat anda masing-masing. Semoga bisa membantu.

  6. om, kalo untuk separasi yang biasa di corel gitu aku
    dah paham kayaknya, tapi aku liat kaos2 sekarang
    terutama kaos yang warnanya item, pisah warnanya kok bukan CMYK sih? sepertinya gak pake tinta item, jadi warna hitamnya ikut warna dasar kaos, trus warna2
    separasinya aneh, bukan warna dasar spt CMYK,, kadang
    ada warna abu2, ungu, ato warna2 oplosan yang laen,
    tapi hasil akhirnya tetep kelihatan realis, kayak
    separasi CMYK, gimana caranya..? penasaran banget,
    soalnya aku bekerja di pembuatan kaos, bagian desain,
    di kota kecil, pgn banget ngerti ilmunya, sebelumnya
    terima kasih banyak

  7. waduh printer gue HP laserjet 2015d support postscript tapi ngak bisa ngatur LPI-nya (LPI set berapa-pun hasilnya sama) ada yang bisa bantu?

  8. Teman saya juga pernah mengalami hal yang sama dengan anda,…..
    Anda pake Corel Draw?

    Di Coreldraw, jika printer anda terinstall dengan dukungan postscript, maka pada menu print akan menampilkan menu-menu : General, Layout, Separation, Prepress, PostScript, Misc, dan Issues. Jika printer tidak mendukung postscript, maka menu PostScript tidak akan muncul. Inilah yang dialami teman saya.

    Ternyata masalahnya adalah pada saat instalasi. Pada prosedur instalasi jenis printer ini akan terdapat pilihan “PS” dan “non PS” (pada kasus HP Laserjat 8150, ada pilihan 8150 PCL dan 8150 PS). Setelah saya install ulang dengan menggunakan pilihan 8150 PS, masalahnya selesai dan pengaturan lpi bisa berjalan dengan baik.
    Barangkali hal ini pun berlaku pada anda.

    Mungkin ada bisa informasikan lagi jika masalahnya masih tetap ada?

  9. mas klo tentang imagge setter bisa mbantu saya ndak, soalnya mesinnya sering eror dan harus panggil orang lain, tengkyu

  10. Mau dong jawaban pertanyaanya Herry dan Bimo, tolong di email ya (apa pake software khusus?), tengkyu.
    Untuk sablon separasi pake tinta plastisol pake screen mesh berapa??

  11. buat pentolkorek,
    aduh…sayang sekali saya tidak mahir dalam utak-atik peralatan seperti image setter, I’m sorry!

  12. saya habis sablon spanduk
    masa bru 1x tarik screennya nutup..
    masa tiap 1x tarik harus dibersihin
    saya harus gmn?

  13. Screen nutup bisa jadi karena tinta yang digunakan terlalu cepat kering, mungkin campuran atau pengencernya ada yang kurang tepat.

    Bisa juga screen yang digunakan terlalu tinggi kerapatannya. Coba ganti dengan yang nilainya sedikit lebih rendah.

    Atau bisa juga kesalahan dari film-nya. Misalnya nilai raster yang digunakan untuk film terlalu “halus”. Coba atur lagi nilai rasternya.

  14. Boz.. kl saya punya printer epson R230, tp gk dukung postcript.. kira2 per lu di tuker y ney boz kl mau buat bikin film?.. kira2 bagusan d tuker merk apa ya..
    Please pencerahannya…;-)

    Oiya Om Boz.. saya mau donk jawaban kyk maz Hery n maz Bimo tuk dkirim ke email saya jg…
    Thanx berat b4 0m Boz…..

  15. Boz.. kl saya punya printer epson R230, tp gk dukung postcript.. kira2 per lu di tuker y ney boz kl mau buat bikin film?.. kira2 bagusan d tuker merk apa ya..
    Please pencerahannya…;-)

    Oiya Om Boz.. saya mau donk jawaban kyk maz Hery n maz Bimo tuk dkirim ke email saya jg…
    Thanx berat b4 0m Boz…..

  16. pada printer HP laserjet 2015d walo lpi dirubah sampe ke angka kecil, hasilnya sama aja dengan default alias tetep aja pekat gak keluar dotnya!! Kenapa yah!

    saya pake pilihan PCL5e bukan PCL6
    ada saran….

  17. halo om,aku punya gambar photo ukuran A4(210×297)kalo bikin film separasi di biro jasa itu berapa ya om?soalnya printer ku nggak pake postscript tolong ya om’n makasih…

  18. om Q mau tanya nie..
    bagaimana cara misahin warna secara manual pada photoshop. nah image yang dipake itu image2 foto. terus nanti fotonya mau di buat dgn sablon menggunakan warna khusus. dan raster pada foto itu juga bisa terlihat. jadi bisa terlihat gradasi gitu. tolong ajarin ya om secara detail. agar hasil yang dicapai bisa maksimal. tolong dikirim saja ke email saya.
    sebelumnya etrimakasih banyak om.

    • dyas dah dpt ilmu dr om belum bisa tolong kirim ilmunya ke e-mail ku bisa gak kalo dah dapat….saya juga masih mau beljar misahin warna dgn phootoshop thanks sebelumnya…

    • dyas.. klo dpt email balasan send jg dong ke email aku. karena aku jg msh bingung untuk memisah warna manual/meraster lebih dr 4 warna diphotoshop.

  19. untuk sdr satelit, untuk hasil lpi postscript sebelumnya harus diinstal dulu postsciptnya, kemudian setting di advanced untuk output postscript pilih encapsulated (ejaanya lupa)postscript jangan pilih optimized postscript, kemudian setting halftone screen lock di off kan,oke mungkin bisa membantu

  20. mas,, selama ini saya sudah sering membuat id card dengan printer memakai tinta pigment hasilnya lumayan baik. tp ada beberapa contoh id card yang saya punya & kwalitasnya sangat baik, sepertinya tidak memakai tinta, ada tehnik lain gak bisa membuat id card kwalitas yg baik, contohnya seperti kartu kredit atau kartu atm. thanks ya mas info nya, kalo bisa sekalian aku juga minta dikirim file ttg sablon yg dikirim ke mr Hery dan juga Bimo Yea, thanks banget mas.

  21. ….makasih sebelumnya….
    kalo teknik separasi CMYK aku sudah ngerti meski gak mahir-mahir amat.Seperti pertanyaan rekan2 sebelumnya soal teknik bikin film PECAH WARNA IMAGE PHOTO untuk sablon yang paling praktis pake software apa ya (selain fastfilm)… atau ada cara/teknik manual yang paling oke di photoshop gitu mas.kirim ke emailku lebih baik.thx a lot.

  22. Dari pada Bikin pake fastfilm diphotoshop mending pake cabut warna manual di chanel rgb,.aku cuman butuh waktu kurang dari 2menit pengerjaan, udah bisa dpt hasil yg okey brow!. Fastfilm jelek!.

  23. ….trims kang Dewa’seting atas masukkanya.Saya hanya mempelajari teknik fastfilmnya aja, pake sih gak.Saya cenderung manual “pecah warna”. Cuman masih belum mahir banget euy… paling bagus angel/frequensinya berapa ya rasternya? boleh dong bagi2 ilmunya bos…! saya sering perhatiin desain kaos di dept.store/distro…. atw made thailand yg oke2…. sy pengen tau cara bikinnya. mungkin bisa bantu gitu…:) thx b 4.

  24. ..oh ya, program yang saya gunakan corel untuk vektor photoshop untuk bitmap.Kalo pecah warna blok-blokan di corel atw pshop saya dah lumayan….. tapi untuk bitmap di p-shop masih harus banyak belajar dan tanya kpd yang lebih jago.seperti anda…. Smoga ilmu yang mas kambinglaut bagi2 dapat balasan yang berlipat dari ALLAH.Amien.

  25. saya kan buka setingan, banyak konsumen saya yang minta :
    kalo dicorel tergantung gambarnya ada yg minta 33-60 lpi.
    kalo di photoshop saya biasa ngasih nggak jauh jauh dari 15lines/cm angle 15degrees shape nya round.
    gak tau deh kalo yg laennya.
    YUU MARI.

  26. saya kan buka setingan, banyak konsumen saya yang minta :
    kalo dicorel tergantung gambarnya ada yg minta 33-60 lpi.
    kalo di photoshop saya biasa ngasih nggak jauh jauh dari 15lines/cm angle 15degrees shape nya round.
    gak tau deh kalo ORNG laen make berapa!
    YUU MARI.

  27. oke thanks kang dewaseting infomu tambahan ilmu bgi saya.Satu lagi nih,sy lagi kesulitan nyari kalkir yang 100grm dimana ya kira2 bisa saya beli untuk daerah bandung.Soalnya pake kodaktris mahal, pake kalkir yg 80 grm pas diprint “kriwil-kriwil”….

  28. oh saya juga di bandung (sukaluyu) kalo saya suka rutin dikirim ke tmpt usaha saya.
    tempat belinya sih dirahasiakan dong.cuma saya sekedar ngasih info aja kalo::
    dulu saya biasa pake hammer 102gr tp kalo ngeprint di printer saya jadi kurang bagus kalo di print, suka mengkerut apalagi kalo kena udara. trus kalo ngeprint 10lembar, suka langsung ngeprint 2-4 lembar sekaligus nempel.
    makanya sampai saat ini saya pindah ke golden 80gr, meskipun kalkir kurang tebel dan kedinginan, tetap tidak keriwil2 dan mengkerut,
    kalo beli hamer rp. 550.000 1rim
    kalo golden rp. 470.000 1rim
    gak bisa satuan. mesti 1 rim,
    terserah anda mau pilih mana!

  29. …di sukaluyu !!! saya di daerah kopo sayati.Sy pernah pake kalkir 80grm merk diamant hasilnya jelek euy “kriwil2″ di print LJET 4V.belum nyoba kalo merek golden mah…. ga kan miss print kitu kang kalo terlalu tipis gramnya?! Saya pake untuk sendiri kebetulan suka bantuin temen bikin graphis untuk tshirt… masih belajar..kira2 dicibadak/pagarsih ada gak ya kalkir golden….?!

  30. salam sejahtera bang…
    saya pengen tau banget gimana caranya bikin film separasi buat di sablon di kaos hitam, saya lihat ko warna-warnanya ga cuma CMYK doang, gimana tu bang..???
    cara misah-misahin warnanya gitu bang gimana…???

    please banget semoga abang mau menjawab pertanyaan saya, sebenarnya masih banyak pertanyaan saya tapi itu saja dulu….

    terima kasih bang…

  31. bang…
    maaf sekali lagi…
    pokonya pertanyaan saya sama persis dgn Herrry (20 april 2008) & Dao (24 Mei 2008), trus cat sablon (kain) saya ko setelah sekitar 5-8 bulan ko sering pecah-pecah trus malahan sampai mengelupas segala, gimana tu bang..???

    supaya kuat gimana tu bang…????

    (bls ke email saya jga ga apa-apa)

  32. wah mohon maaf kang/mas/bang Kimul…

    saya kurang begitu JAGO prihal bahan cat/campuran kimia yg di pake untuk Sablon, cuman yg saya tangkep dari temen2 sablon saya..mereka pake penguat sesuai takarannya….Kadang2 kualitas cat nya juga banyak berpengaruh pada kualitas sablonnya…. mungkin blogger lain yng lebih ngerti prihal sablon ada yang mo sumbang ilmunya…

  33. …alternatif lain yg dipake para graphiser untuk memperkecil jumlah warna saat bikin film biasanya pake Separasi CMYK. Ada juga yg lebih memilih Pecah warna manual (channel), cuman jml warna yang dihasilkan bisa lebih banyak dan prosesnya agak rumit (menurut saya) tapi hasilnya lebih baik… dan bisa diatur sesuai keinginan.Setiap desainer pasti punya trik-trik tambahan yang tidak bisa dikerjakan separasi CMYK. Perlu belajar dan coba2 …(saya jg masih trus belajar dan coba2 plus tukar ilmu sesama graphiser)… gitu bang Kimul.

  34. hum..om, mo nanya ni..
    ga jauh se ma tmn2 yg laen, kebetulan g da maen sablon cukup lama, tapi yg namanya cabut warna dari gambar real kagak ngerti gimna carany..tolong om jelasin tutornya di mail az seqho@yahoo.com or ym.. coz planning mo buka sablonan.tar bulan 3-4 ini..oia klo ada yg berminat ama bordiran, g bisa juga kow..tapi sorry dulu sebelumnya ada minimal bordir yah..coz bordir beda ama sablon (hoho promosi, skalian)

    thanx yah om

  35. salam kenal mas,saya baru belajar masalah sablon,saya ada masalah nihh,masalah saya lebih parah dari pada mas kimul,kalo mas kimul pecah pecah setelah 5-8 bulan kalo saya baru 1-3 minggu sudah pecah-pecah,tolong kasih taw donk mas campuran yang lebih detail,makasihh yah mass…
    tolong kirim ke email saya mas,
    marcel_b3nto45@yahoo.co.id

    • master , klo bisa minta email jawabannya donk…cuz ne newbie dalam hal sablon menyablon kaos hitam yang diseparasi terimakasih sebelumnya… :)

    • master , klo bisa minta email jawabannya donk…cuz ne newbie dalam hal sablon menyablon kaos hitam yang diseparasi terimakasih sebelumnya…

  36. terima kasih mas atas jawaban kemarin,,

    saya ada 1 masalah lagi nih mas tolong di bantu,
    saya mau menyablon kaos hitam dengan tinta putih,
    tapi kenapah yah mas hasilnya selalu kuarng tebal,
    saya pakai campuran RW 999 dan EXT KILAP
    dengan perbandingan 1 banding 2,(RW 999=1 dan EXT KILAP=2)

    tapi kalau perbandingan 1:1 sablon cepat mengelupas,,

    tolong kirim ke email saya yah mas

    marcel_b3nto45@yahoo.co.id

    terima kasih sebelumnya,,

  37. salam kenal..
    saya baru-baru ini belajar design buat sablon..
    pertanyaan saya sama kaya [b]herrry[/b] gimana caranya cabut warna selain separasi cmyk..
    mohon bantuannya..
    email aja kesini :
    degr4f@yahoo.com

  38. salam kenal..
    saya baru-baru ini belajar design buat sablon..
    pertanyaan saya sama kaya herrry gimana caranya cabut warna selain separasi cmyk..
    mohon bantuannya..
    email aja kesini :
    degr4f@yahoo.com

  39. bos,denger-denger ada software yang lebih bagus lg buat cabut warna selain fastfilm, katanya sih wilflex easyart2,. punya softwarenya gak bos???

  40. mas pertanyaan saya sama kayak punyae mas bimo ma heri, trus aku juga pengen belajar sablon pastisol juga, mohon bantanya yach. klo terlalu panjang jawabanya pake mailku ja biar aku lebih paham. makasih ya mas

  41. asslmk..
    wah mas ikutan numpang nanya dong, teknik2 untuk bikin film sablon dengan easyart2 berikut dengan kelebihan dan kekurangannya, njilemt banget ngikutin tutorialnya, saya baru mau nyoba make…,
    by email jg ga papa..takut ga sempet buka blognya..terimakasij

    salam

    • wah boleh juga nih mbak rahma softwarenya…! Tapi mesti kenalan dulu tuh sama softwarenya biar tau -/+ nya…. Aku pernah pelajari Fastfilm,katanya Easyart2 lebih baik dibanding fasfilm. Ada juga program Vuerita tapi aku dapet trialnya di web, dia program terpisah bukan action u/photoshop…. Sayangnya aku belum punya easyart2 jadi belum tau -/+ nya….

  42. om, kalo untuk separasi yang biasa di corel gitu aku
    dah paham kayaknya, tapi aku liat kaos2 sekarang
    terutama kaos yang warnanya item, pisah warnanya kok bukan CMYK sih? sepertinya gak pake tinta item, jadi warna hitamnya ikut warna dasar kaos, trus warna2
    separasinya aneh, bukan warna dasar spt CMYK,, kadang
    ada warna abu2, ungu, ato warna2 oplosan yang laen,
    tapi hasil akhirnya tetep kelihatan realis, kayak
    separasi CMYK, gimana caranya..? penasaran banget,
    soalnya aku bekerja di pembuatan kaos, bagian desain,
    di kota kecil, pgn banget ngerti ilmunya, sebelumnya
    terima kasih banyak

  43. Aku punya printer hp laserjet p1006, apa bisa cetak postscript ya mas? udah coba yang spot color tapi untuk rasternya blom tau. atas penjelasanya seblomnya makasih ya…

  44. ….. sorry nih agak ketinggalan! emg Easyart2 dah beredar dipasaran…. wah jadi penasaran pengen tau…. bagus gak sih?!?

  45. met siang mas.. saya mau tanya..
    klo desain untuk separasi bagus nya di corel atau di photo shop..
    trus cara pemisahan cmyk nya itu gmn>>??
    klo di photo shop gmn, klo di corel gmn??
    trus sebelum cetak separasi apa aja yg perlu di persiapin.
    krn saya masih pemula dalam hal percetakan
    thanks saran nya di kirim ke email aja jawabannya

    thanks

  46. salam kenal om kambing laut, thnks banget atas info2 nya ya. banyak banget membantu,oiya saya bisa di emailkan juga jawaban atas pertanyaan mas henry ke email saya, hehe

  47. salam kenal mas..

    mas tolong kirimin ke rio_armanda85@yahoo.co.id dong cara pisah warna photo nyata untuk sablon manual.

    trus cara gunain fastfilm gimana sich mas, saya ga ngerti? tolong……..bgt y mas……. saya udah dimarahin trus ne ma planggan katanya klo sablon gambar nyata, jelek bngt… bisa ancur ne mas usaha saya n kehilangan pelanggan….. mohon bantuannya mas….

    • menurut pengalaman, fastfilm hasilnya kadang jadi kadang gak jelas (kurang bagus), tapi kalo lihat samplenya pada bagus… mungkin harus diedit dulu sampai siap dipecah pake fastfilm sesuai tutorial yang dia kehendaki. Saya gak pake fastfilm, cuman saya suka ngambil teknik yang dipake fastfilm… coba bongkar script actionnya, step by step…. gimana cara ngambil warna kuning,biru,merah ,coklat dll.

  48. maaf sekali lagi…
    boleh kirim saya jawaban persis dgn Herrry (20 april 2008) & Dao (24 Mei 2008) tentang separasi CMYK di coreldraw, trus cat sablon (kain) ; hasil sablon manual saya ( bahan baju polyster) pernah saya press dengan hotpress agar warna sablon manual merata selama 20 detik suhu 150 derajat, memang hasilnya jadi bagus namun sore harinya pecah-pecah gambarnya. Bagaimana mengatasinya, ada yang bilang harus menggunakan high density untuk pemanasnya bukan hotpress(website Cannizaro Distro), itu alat seperti apa?
    mas tolong kirimin ke alfi.nashri@gmail.com dong cara pisah warna photo nyata untuk sablon manual.katanya harus menggunakan Bezier (pencil) dibentuk sesuai pola sebelum diubah dalam bentuk *.eps ( save bentuk vector) dari bentuk*.jpg . Saya pernah ke Tanggerang daerah munjul, disana ada sablon digital baju terbesar di tanggerang dan menggunakan cutcontour di Corel Draw untuk memotong gambar, prosesnya saya tidak begitu paham, tapi sablon baju pesanan saya dibuat manual pakai cutter/pisau kecil bukan cutting potter yang harus di cutcontour dulu. Maaf pertanyaan saya panjang, Bisa dijelaskan prosesnya, saya belum paham betul, apa ada buku penunjang atau website yang membahas cara pemakaiannya. Terima kasih

    (bls ke email saya ya)

  49. wah bru nemu blog ciamik nih, numpang nanya y bos…aku pengen bikin usaha sablon digital, spt yg bos bilang salah satu medianya b/sablon ini pakai transfer paper&setahu aku u/transfer paper yg bagus harganya ngk murah klo ditotal ongkos produksi 1 kaos (+/- 50rb)…yg bikin aku bingung, kok ada org yg berani jualan kaos satuan dg harga 50rb atau malah kurang dri 50rb…mnrt bosnya/siapapun yg ngrti kira2 ne org pake cara gmn y bisa dapet harga segitu?klo sablon manual biaya produksinya memungkinkan ngk b/sablon kaos satuan?tx

  50. gimana kalo untuk printer nya gak pake printer laser,
    apa bisa pake printer biasa atau fotocopy?
    terima kasih

  51. >> firliana : setahu saya… pake printer selain laser kurang bagus… hitamnya sih pekat cuman kalo diperhatiin pinggirannya agak bergerigi/bleber.. gak seperti laser, lagian kalo inkjet gak nempel ke kalkir/kodaktris… kalo fotocopy andai bisa nyambung ke komputer…bagus juga! tapi belum pernah denger tuh…

  52. Mas mau nanya nih…
    Sari kemarin udah coba sablon kaos beberapa warna tapi hasilnya koq kurang pas ya mas ? (misregister) Gimana cara untuk ngepasin nya yah?

    Terus untuk masalah film raster nih gimana ya buat film raster wajah seperti kaos2 sekarang mas ? Untuk printernya juga apakah bisa pake printer laser biasa ?
    Contohnya seperti ini mas :
    1. http://1.bp.blogspot.com/_yqYIshIBrgg/ScRZUtMoHmI/AAAAAAAAABw/XGQx0uEdGMU/s400/IMG_0675.jpg
    2. http://dagozon.com/content/images/products/thumbnail_1333891599.jpg
    3. http://dagozon.com/content/images/products/thumbnail_1333891599.jpg

  53. om mau tanya nih..kalo separasi kan mesti pake print laser tuh..
    kalo print laser gitu ada yang ukuran A2 ga sih?soalnya saya mau bikin gambarnya aga gede di kaos..gmn dong?

  54. mo tanya nih…. kalo serbuk tinta refill laser yang paling bagus. pake merek apa ya…. lagi belajar ngerefill ndiri nih…! di bandung kira2 dimana yah nyarinya…. thx.

  55. ehemm.
    mau numpang ngiklan nech
    privat cabut warna pake manual dan otomatis (corel & photoshop)
    1 jam rp 250.000
    khusus bandung boss…
    dijamin jadi pasti manteb

    • halo mas dewa…. mo tanya nih, istilah cabut warna yg anda maksud itu pecah warna/separasi atawa tekhnik sablon dengan cat khusus cabut warna yang sering saya jumpai di t-shirt2 yang handfll-nya nyaris ga kerasa kalo diraba menyerupai pigment/lembut…. thanks.

  56. Om.. Aku baru blajar seting. Bs gak jawaban untuk mas heri ma bimo d kirim ke email aku (neograph00@gmail.com) Thanks banyak dah

  57. alo mas dewa… sya newbie neh. mau nanya soal cabut warna… apa ada tempat belajarnya?? klo program fast film itu mksdnya apa y??? trus downloadnya di mana?? mohon pencerahannya :).. trims b4…

  58. salam kenal..
    saya baru-baru ini belajar design buat sablon..
    pertanyaan saya sama kaya herrry gimana caranya cabut warna selain separasi cmyk..
    mohon bantuannya..
    email aja kesini :
    alihavoc@yahoo.com

    sebelumnya
    Terima Kasih atas bantuannya….

  59. … teknik pecah warna corel atw photoshop, saya boleh dibilang bisa lah…, tapi kalo dijelasin disini gak akan cukup. Semuanya ada di memori otak saya, saya lagi mencoba untuk menguraikan jadi sebuah tutorial untuk pribadi gak jauh dari tekhnik yang pernah ada cuman lebih disederhanakan lagi.Hasilnya cukup lumayan…(Action Photoshop dan Tutorialnya.)
    Photoshop dan Corel juga bisa di gabungkan dalam hal pecahwarna.bitmapnya di PS vektornya di CDR.Banyaklah kalo mo maen akal-akalan mah….

  60. mas yang saya banggakan, perkenalkan nama saya rina, saya satu satunya design grafis wanita di salah satu perusahaan kota kecil cianjur jawa barat, tidak jauh berbeda dengan teman2 di atas, saya juga sangat penasaran sekali dengan cara melakukan cabut warna di photoshop selain reparasi CMYK, reparasi CMYK alhamdulillah saya udah tau, Tetapi akhir akhir ini saya di hadafkan dengan gambar2 yang warna separasinya aneh, bukan warna dasar spt CMYK,, kadang
    ada warna abu2, ungu, atau warna2 yang lain, saya pernah bertanya pada temen sepropesi satu perusahaan,dan pernah liat sepintas, kayanya pemisahan warnanya di lakukan di mode RGB bukan CMYK tetapi Temen saya tidak mau ngasih tau, dengan alasan ini rahasia katanya,, Untuk itu besar harapan rina supaya mas bisa membantu kesulitan rina saat ini,dengan memposting jawaban mas di website kambing laut ini, karena jujur saya tidak bisa buka email dikarenakan servernya di kunci, Terima kasih banyak sebelmnya…

    • kalau proses pisah warna dimode CMYK kebanyakan digunakan didunia percetakan, kalau mode Cmyk diaplikasikan ke sablon /kaos warnanya ngagarebleg karena warna satu sama lain tumpang tindih. atau kalau mau coba dicabut warnanya mau pake mode rgb atau cmyk sama saja. di photoshop pilih calculation. selamat mencoba dan rada jangar

      • mungkin kalo cat sablonnya plastisol atau SW yang sifatnya nyampur kalo ditumpangtindih bisa jadi kang…. kalo GL kurang bagus di CMYK ngagarebleg tea.Lagian proses CMYK untuk percetakan sama sablon beda value angle dan frekwensinya.CMYK rada ribet geser dikit atau anglenya salah hasil akhirnya bisa mori(rasternya gak anyam)… atw proses afdruknya kurang mantap bisa jelek juga… yang saya perhatiin sih begitu! ga tau deh kalo yang laen….

  61. kesimpulan pertanyaan rina sama dengan Herrry & Dao di atas. di tunggu bangt jawabannya ya mas,, entar rina main lagi ke website ini untuk melihat jawaban dari mas yang rina banggakan,, mudah2an amal baiknya di balas Tuhan YME, jarang lho orang yang mau berbagi ilmunya itu, kebanyakan besar kepala sendirian.

  62. boss, gimana cara pisah warna separasi yg benar?
    ak coba pake corel kok hasilnya gak serek gitu!
    kalo spot color itu gimana? mohon bantuannya pak boss

  63. ah mau ikutan donk mas…sayah lagi ingin berguru mengenai cara tepat pecah warna untuk sablon pada t-shirt….sekalian aku juga pingin ngerti dunk mengenai pertanyaan mas herry,”tapi aku liat kaos2 sekarang terutama yang warnanya item, pisah warnanya kok bukan CMYK sih? sepertinya gak pake tinta item, trus warna2 kombinasinya aneh, bukan warna dasar spt CMYK,, kadang ada warna abu2, ungu, ato warna2 polosan yang laen, tapi hasil akhirnya tetep kelihatan realis, kayak separasi CMYK, gimana caranya..? penasaran banget,”..Tolong di jawab yah mas….terima kasih….

      • wah… ada action baru selain Fastfilm…??? Kalo action itu mah aku ada.Istilah action biasanya buat Photoshop ya…. Kalo yang anda maksud itu action Easy2art boleh juga tuh….hehehe.

      • To junet
        betul sekali, saya buat sendiri program Action yang lebih mudah dan cepat untuk para pemula dan menengah, khususnya untuk para praktisi setting dituntut untuk kerja cepat karena ditunggu konsumen ..HEHEHEHE
        tingkat keakuratan 99%

  64. mau tanya…cara menghilangkan bekas afdruk dan bekas cat yg mnempel bagaimana???
    soalnya sulit sekali,,,efek nya ke tangan saya pada bengkak karena cairan kimia…
    mohon bimbingannya…

  65. mas sy mo ty, kalo isi ulang HP Laser Jet P1006 biar hasilnya hitam pekat gmn? slama ini sy kalo isi ulang sendiri hasilnya kurang memuaskan slalu buram2 trus tolongin dong mas. makasih

  66. ass….punten akang2 yang udah pada mahir sablon sparasi,,,
    saya mau MINTA tolong…saya teh mulai coba2 sablon sparasi
    ,,,tapi yang sering alami…warna magenta ama yellow,,setiap
    dimasukin..ga pernah jadi..walaupun warna magenta ma yellowna dah pas..apa jenis cat yang dipakai ngaruh kitu..alnya,,setiap udah magenta pas naek yellow,,yellownya malah dominan,,,gak jadi dah merahnya,,,lieur kang,,,jadinya malah orange butut,,,mkasih,,klo ada yang kasih tau boleh ke email abdi kang,,,punten sebelumnya makasih

  67. untuk dewa seting…gimana c cara nya klo cabut warna gt..tanpa fastfilm..n juga fast film gimana cara pakainya..thanx…buat semua jg boleh jawab d..hehe..klo ga kirim k mail jg gpp or share disini, biar smua bisa tau caranya..seqho@yahoo.com ..thanx ya.

  68. masalah pisah warna di photoshop, itu dapat dilakukan seperti yang dijabarkan oleh sunset, ataupun spt kata temennya rina.
    tinggal masalahnya adalah kita ingin berapa banyak warna yang digunakan untuk mendapatkan hasil seperti pada artwork atau gambar aslinya.
    kalo menggunakan cabut warna, biasanya untuk selanjutnya yang berperan adalah tukang tintanya: bisa nggak dia mengaduk warna yang diinginkan.
    jika film cabut warna sudah pas, tapi campuran warnanya nggak sesuai, hasilnya juga nggak pas.
    separasi dengan cmyk digunakan hanya kalau kita ingin menggunakan tinta proses untuk produksinya. Kalau digunakan tinta jenis lain, hasilnya mesti nggak pas, malah saling tutup/tumpang tindih.
    masalah ketepatan perpaduan warna memang sangat ditentukan oleh kelihaian tukang cetaknya, jika pengaturan penempatan screen (Register) tepat, maka hasilnya bisa bagus juga, meski nggak sebagus kalo cetak offset (nilai rasternya aja udah beda).
    Biasanya ini “diakalin” dengan paduan antara proses separasi dengan cetak biasa, khususnya untuk warna-warna yang nggak bisa dicapai dengan teknik separasi. konsekuensinya, jumlah warna tinta dan proses cetaknya menjadi lebih banyak.
    silakan eksplorasi teknik-teknik yang diperlukan, karena biasanya tiap-tiap tukang sablon punya teknik tersendiri.

  69. ….. fastfilm kurang bagus….hasil actionnya tipis… tetep aja perlu diedit ulang dan ditebel-tebelin.Untuk bahan putih lumayan tapi untuk bahan gelap….kurang oke.Tekhniknya bagus… tinggal dikembangin aja.
    Kolaborasi Fastfilm sama manual kayaknya lebih oke(lumayan). Kalo sudah ktemu formulanya ada baiknya di kembangin jadi sebuah action photoshop……. (d_4503_m@yahoo.co.id)

  70. JANGAN BINGUNG !!!!!!!!!
    JASA SETTING SEMUA JENIS FILE : PSD, CDR, JPEG, BMP, DLL
    ONE STOP RECOMENDED FOR T-SHIRT
    SEMUA JENIS SABLON : HDC I PLASTISOL I SUPER WHITE I
    70350945

  71. …. cabutwarna gambar realis sangat riskan revisi film.
    – jangan sampe rugi 2,3,4…. kali print film, karena hasil cabutwarna masih ada revisi sana-sini…

    Orang yang bisa cabut warna harus ngerti hasil output akhirnya.”Jarang” yang bisa langsung jadi…. pasti ada aja yang kurang…

    • maaf mas,a,kang,bang mo tanya nih?
      – 10 ribu itu ongkos setting plus print filmnya?
      – ukuran gambar bebas? A4/A3/A2/A1 atw A0?
      – kalo gambarnya mentah 1 warna (edit) ongkosnya sama juga 10 ribu?
      ….kali aja butuh bantuan, posisinya dimana?
      trims.

  72. untuk mas sunset & mas kambing laut , kalo untuk separasi di kaos putih aku dah tau, yang mau aku tanyakan pisah warna buat kaos hitam so aku lihat kaos2 sekarang
    terutama kaos yang warnanya item, pisah warnanya kok bukan CMYK sih? sepertinya gak pake tinta item, jadi warna hitamnya ikut warna dasar kaos, trus warna2
    separasinya aneh, bukan warna dasar spt CMYK,, kadang
    ada warna abu2, ungu, ato warna2 oplosan yang laen,
    tapi hasil akhirnya tetep kelihatan realis, kayak
    separasi CMYK, gimana caranya..? penasaran banget,
    soalnya aku pengin buka usaha distro khusus kaos band metal yang kbanyakan warna dasar kaosy tu hitam..moho bantuanya mas.thx

  73. halo semua, jika kalian butuh cabut warna 12 film, (sparation)+sablon berbagai macam jenis cat, minimal 1gbr sparation/100pcs, kapasitas sablon 1000/hari.hub: 022-93338944 /email:platnomo77@yahoo.com

  74. kalau buat film sablon untuk pijakan nya sandal tu sama apa g’,.,.??
    bwt film nya sablon pke epson R230 bisa apa g’,.,??

    aq pingin tw bner proses dari corel draw hingga masuk ke photoshop.,.,pokoknya dari awal sampe jadi nya film.,.,.??

    mohon bner bantuannya,.,.??
    kirim ke email saya raden_quw@yahoo.com,.,.,.atw,.,.,raden_quw@yahoo.co.id
    maksih bner klw permintaan saya di kabulkan,.,.,!!!

  75. Oom… gimana pisah warna manual/raster diphotoshop lebih dr 4 warna. contoh gambar kartun ipin dan upin. klo jawabannya panjang.. bisa ga kirimin emainya bwt aku.. tq

  76. cabut warna
    1 gambar harus bagus dulu 300 pixel/inc
    2 warna harus rgb bukan cmyk (cmyk khusus separasi)
    3 coba di color range,. filing kita harus pas banget kalo pilih warna
    — kadang kadang di chanel rgb , chanel red , green, blue di copy trus kita invert buat kaos hitam
    4 dst..susah kalo diterangin. harus dipraktekin..

    saya punya fastfilm, punya wilflex easyart2
    sebelum mengerjain file, saya coba dulu pake action tsb, kalo hasilnya kurang maximal, saya make manual, . kadang juga kalo kurang bagus hasil actionnya, kalo ada chanel yang kepake, saya pilih chanel yang bagusnya dan sebagian warnanya saya coba manual.

    • mas buka bgm sih cara cabut warna,kayak upin dan ipin tu muka nya kan da coklat2 tipis pa di brush lagi ato bisa dicabut detail melalui color range.mas afst film softwarenya beli dimana kalo boleh kirim softwarenya donx k email g ni,terima kasih atas pembelajaranya mas

    • mas buka bgm sih cara cabut warna,kayak upin dan ipin tu muka nya kan da coklat2 tipis pa di brush lagi ato bisa dicabut detail melalui color range.mas afst film softwarenya beli dimana kalo boleh kirim softwarenya donx k email g ni,terima kasih atas pembelajaranya mas
      ni email saya franky_alim@yahoo.com

  77. bang…kok menu postscript nya ga muncul ya..?
    aku makenya print epson T60,apa print nya ga bisa buat sparation..?

    • menu poskrip gak ada di printer mu
      harus printer laserjet bos
      dan tidak semua printer laser juga ada poskrip
      tipe tertentu ajah, seperti misalnya hp5200 ato hp 1320

  78. bang mau tanya bagaimana cara gabungin warna C MYK, dalam satu area print, keluar bersamaan, atau tau nggak bang softwere yang digunakan apa ?? aq pake print ROWE ukuran A0

    • diphotoshop :
      1 buka file tersebut
      2 pilih file baru “new” ukuran a0
      3 drag chanel c di file tersebut ke file baru di a0
      drag chanel m,y,k di file tersebut ke file baru di a0
      jgn lupa crosnyah.

      dicorel juga bisa
      1 buka file tersebut
      2 pilih file baru “new” ukuran a0 dicorel
      3 drag chanel c di file tersebut ke file baru di a0 ke corel
      ato di photoshop di split channel lalu disave, trus di import ke corel

  79. saya buka setingan
    usaha saya udah berjalan hampir 5 tahun..
    saya punya anak buah 2 orang, dan rencana mau nambah 1 orang lagi, dan sudah punya banyak konsumen.
    karena design sekarang banyak yang ukuran a2, a1 dan fullprint a0, maka orderan yang datang, saya hanya bisa “nyeting gambar” ajah dan ngeprintnya di tempat lain, oleh karena itu, karena keterbatasan modal, barang kali ada yang punya modal tapi gak punya skill, tapi pingin bisnis, saya menawarkan bagi siapa aja, kalo mau , bisa infest di saya untuk beli printer laser ukuran a0 . untuk keuntungannya bisa dibicarakan lebih lanjut…
    oh, ya untuk gambaran aja bukan bermaksud menyombongkan diri.
    saya punya 3 unit komputer, printer a3 & a4 HP laser jet, printer a3 & a4 epson photo , idcard machine dan tempat usaha milik pribadi (tidak ngontrak) sehari dari 3 orang kerja bisa dapet 500ribu- rp 1.300.000. apalagi kalo ada printer A0 pasti bisa dapat lebih dari itu…
    trimsss..

  80. Permisi,saya masih newbie..
    mau tanya kalau untuk print separasi melalui printer non-postscript ada cara lain ga supaya bisa atur lpi?
    butuh banyak masukkan nih..mohon dibantu info-nya
    atau bisa e-mail ke dinar_iraq@ymail.co.id

  81. misi mas numpang nanya…

    bisa ga mas tolong kirimin tutorial untuk mecah warna pke software photoshop?
    ini saya br pertama kalinya kerja di pabrik garment, uuntuk sablon kaos..
    nah tugas saya misahin tiap2 warna dari file yang di kirim..
    contohnya : biru, ungu, kuning, orange, dll..

    tp masalahnya file yg di kirim itu bukan gambar warna yg solid.
    tapi warna2 gradasi.. kaya “brush” kasar dari photoshop gtu..
    nah… saya masih ga bisa cara misahin warna itu..
    saya coba pke color range.. hasilnya ga maksimal..
    tolong bantu saya donk mas kambing laut…

    trus klo untuk print outnya..
    biar hasilnya raster gmn?
    saya pake printer HP LaserJet 5200

    trimaksh sblmny..

    email saya : agul_1300@yahoo.com

  82. o iya mas ini contoh gambarnya..

    file:///C:/Documents%20and%20Settings/pc5/Desktop/RAMA/New%20Folder/MSEM-002%28F%29mstr.jpg

    tolong d bantu yaaaaa…

  83. di cari 1 orang tukang setting berpengalaman

    bisa teknik (manual bukan pake action) cabut warna , separasi, pisah warna rasteran,

    hubungi : dewasetting@gmail.com

    khusus bandung.
    sistem bagi hasil 30%-50% .
    kalo dirupiahin berkisar 1.5jt – 2.5jt perbulan

  84. Salam kenal Mas, Pengen bisa yablon yang baik berikut bisa setting gambarnya mas, kalo boleh Saya bisa bantu bantu sambil belajar di perusahaannya si Mas, Saya baru bisa dikit2 hasilnya masih kaku. Gak usah di gaji yang penting saya dapat elmunya Mas kapan Saya boleh datang ketempatnya si Mas…, oh ya minta alamat lengkapnya

  85. Asalammualaikum Wr Wb

    Sesuai Judul Ane Menjual Plotter Untuk Separasi Film – Cetak CAD & GIS – Cetak Peta – Photographic

    Barang Yang Ane Jual 100% Baru Dan Bergaransi Resmi Canon Indonesia

    Spec:

    CANON IPF605

    2400 x 1200dpi , Memory 256MB, Dye (C.M.Y.K), Matte Black (PIGMENT) Spesifikasi Lengkapnya : http://www.akiradata.co.id/canon%20IPF605.htm

  86. Mas,saya ingin sekali tau cara pisah warna sablon untuk kaos hitam,bisa tolong kirimin jawaban yang mas kasih ke Mas Herry & Dao.
    sebelum’y terimakasih banyak

    klo sempet tolong kirim ke dhedeajjah@yahoo.com yah mas.
    sekali lg terima kasih.

  87. misi mas numpang nanya…

    bisa ga mas tolong kirimin tutorial untuk mecah warna pke software photoshop?
    ini saya br pertama kalinya kerja di pabrik garment, uuntuk sablon kaos..
    nah tugas saya misahin tiap2 warna dari file yang di kirim..
    contohnya : biru, ungu, kuning, orange, dll..

    tp masalahnya file yg di kirim itu bukan gambar warna yg solid.
    tapi warna2 gradasi.. kaya “brush” kasar dari photoshop gtu..
    nah… saya masih ga bisa cara misahin warna itu..
    saya coba pke color range.. hasilnya ga maksimal..
    tolong bantu saya donk mas kambing laut…

    trus klo untuk print outnya..
    biar hasilnya raster gmn?
    saya pake printer HP LaserJet 5200

    trimaksh sblmny..

    email saya : cukup_spasi@yahoo.com

  88. om saya juga mau jawaban tentang masalah pisah warna untuk kaos hitam, apakah CMY keluar seperti biasa dan untuk K nya dirubah di Channel di invert menjadi putih?

    seperti pertanyaan :

    herrry, on April 20, 2008 at 7:21 am said:

    om, kalo untuk separasi yang biasa di corel gitu aku dah paham kayaknya, tapi aku liat kaos2 sekarang terutama yang warnanya item, pisah warnanya kok bukan CMYK sih? sepertinya gak pake tinta item, trus warna2 kombinasinya aneh, bukan warna dasar spt CMYK,, kadang ada warna abu2, ungu, ato warna2 polosan yang laen, tapi hasil akhirnya tetep kelihatan realis, kayak separasi CMYK, gimana caranya..? penasaran banget, soalnya aku bekerja di pembuatan kaos, bagian desain, di kota kecil, pgn banget ngerti ilmunya, sebelumnya terima kasih banyak

    mohon bantuan nya om
    ini email saya
    topan.artcore@yahoo.co.id

  89. Mau tanya om…pengen tau cara print di HP Laserjet P3015 biar hasilnya Block, soalnya beberapa kali sy coba print block hasilnya raster terus…kenapa ya..?? settingan yg tepatnya bagaimana, mohon pencerahan om…
    Thx….

  90. Mau tanya om…pengen tau cara print di HP Laserjet P3015 biar hasilnya Block, soalnya beberapa kali sy coba print block hasilnya raster terus…kenapa ya..?? settingan yg tepatnya bagaimana, mohon pencerahan om…

    Reply via email ya om : tonibaruz@gmail.com

    Thx….

  91. saya baru bisa bikin settingan sablon, tapi yang masih dalam gambar blok di coreldraw, saya ingin belajar bisa bikin gambar separasi, kalau beli bukunya ada gak di gramedi.

  92. masalah mengelupas .. pasti pke cat rubber ya?? klo mau ngresap pke cat pigmen itu klo kainnya terang alias putih…
    kalo kaos warna item ato yg laen pke aja discharge itu cat isa ngilangin warna dasar kaosnya… hmmmm

  93. Selamat malam saudara-saudara..
    kebetulan saya lagi nyari orang setting pecah warna untuk keperluan sablon.. vendor di daerah Dipati Ukur-Bandung. jam kerja 10.00-18.00 Jika saudara2 sekalian ada yang berminat, boleh hub saya di 085230000320 (edo)..
    untuk salary bisa di obrolin lebih lanjut.
    terima kasih.

  94. salah satu rumah produksi (Vendor), yang berada di daerah dipati ukur (Bandung) yang berkecimpung dalam dunia produksi pakaian.

    membutuhkan:

    -Operator Design
    Syarat:
    1. Menguasai Corel dan Photoshop (Untuk Tekhnik Pecah warna)
    Keperluan Sablon.
    2. Menguasai Internet untuk Keperluan Promosi (kaskus, Twitter, Facebook dll)
    3. Jujur, Kreatif, Inisiatif.
    4. Diutamakan Yang belum berkeluarga
    5. Pria/wanita Maksimal 30thn.

    Salary Minimal 1,2jt/Bulan (Naik disesuaikan Kinerja) + Bonus

    Jam kerja:
    Senin-jumat 10.00 – 18.00
    Sabtu 10.00 – 17.00
    Minggu Libur.

    Bagi yang berminat:
    Hub: Edo 085230000320.
    doly_bajora_2 is offline Add to doly_bajora_2’s Reputation Report Post Report Post Multi-Quote This Message

  95. MAAF UNTUK PARA MASTER YANG TAHU CARA MENYABLON SPANDUK DENGAN RASTER / SEPARASI CARANYA GMANA?
    TERUTAMA PROSES FILMNYA SEPERTI APA, MASA HARUS DIPRINT DENGAN KALKIR YANG BERMETER-METER JUGA…
    MOHON PENCERAHAN DAN BANTUAANNYA JAWABAN DIKIRIMKAN KE EMAIL :
    adiwarna85@yahoo.co.id

    terima kasih sebelumnya bagi yang bersedia membantu kesulitan saya ini..

  96. gw punya software pecah warna cuma dengan sekali “klik” pada photoshop (bukan fastfilm) gw dapet tu sopwer hasil YM an ma orang U.S ygpunya usaha sablon di sono bila ada yg minat dg sopwer tsb send ur email ke bung_sugi@yahoo.com

  97. om, saya mau tanya, saya masih bingung,teknik afdruk film raster separasi (CMYK) foto pada screen, supaya raster yg kecil2 tidak rontok pada screen bagaiman caranya ya? sedang dot2 pada raster film sangat halus, walau sudah pakai frequency kasar pada photoshop! mohon pencerahannya!

  98. pertamax bang,,gmn carany biar printer hp lj 2015n bs cetak ruster buat master untuk cetak offset bang,tlng pencerahannya bng.tq

  99. okay.. saya kasih tau cara terbaik untuk pecah warna / setting sablon.

    1. pilih file JPG atau apa saja (recomendasi resolusi gambar besar)
    2. klik file dan masukan ke dalam flashdisk
    3. bawa lah flashdisk tersebut ke tukang setting terdekat
    4. bilang sama mas nya “a’ bade nyeting sablon sparasian, detlain na sapoe.. ukuranna mah dipas-paskeun weh a’.. tiasa?”

    ;p

  100. permisi agan2 semua.. mau nanya… ada yang tau gak gimana cara nembak screen untuk spanduk ukuran diatas 2 meter… respon pls

  101. maaf ni sobat sablonholic…. untuk CMYK jangan samakan dengan cetak mesin… mau belajar sablon dan cabut warna itu kita harus tau basicnya dulu gan… tentang cat dan setting… semua bisa diatasi… hehehehe…….. pengalaman lapangan gan…

  102. hai hai hai
    permisi ya mau jualan
    bagi agan agan yang berkecimpung di dunia setting persablonan tapi tidak bisa memecah warna secara manual, jangan repot repot cukup transfer sebesar rp. 50.000 maka agan akan segera mendapatkan SOFTWARE PEMECAH WARNA SBB:

    1. FASTFILMS V3.5 BESERTA UPGRADE FASTFILMS V4
    2. QuikSeps Professional V4
    3. SEPARATION STUDIO

    Untuk order silahkan transfer sebesar rp. 50.000, setelah transfer diterima, nanti saya akan kirim file tersebut ke email agan secepatnya.
    makasih yah..

    untuk cara tutorialnya silahkan di search sendiri di goggle yah..

    MAU MAU?
    SILAHKAN ORDER MENGhubungi :
    email di onlineshops666@gmail.com
    sms only di 088802358069

    • beneran niech gan 50rb. ane mau donk. no rek BRI brapa gan? ini nanti bentuk nya apa ya? cuma file gitu, lgs instal. jelasin gan please.

  103. bang…
    maaf sekali lagi…
    pertanyaan saya sama persis dgn Herrry (20 april 2008) & Dao (24 Mei 2008), trus langkah selanjutnya ketika sudah beres di separasi itu gmana bang ??
    butuh berapa screen untuk separasi seperti itu bang ??

    (bls ke email saya ya bang )
    pandia.valentinus@gmail.com

    makasih bang ..

  104. oh ya mas salam kenal dengan saya (soni), saya orang baru di sini,saya mau nanya mas kalau bikin film sablon CMYK untuk di bahan gelap seperti Merah,Hitam dll tu gimana ya mas,tolong jawabanya atau di kirim ke email saya (sonikamppa@yahoo.co.id)makasih mas sebelumnya.

    • untuk bahan gelap memang sulit jika ingin disablon separasi warna, karena umumnya dilakukan pada bahan warna putih agar perpaduan warnanya bisa sesuai.
      kadang-kadang untuk bahan gelap diakali dengan memberi dasar warna putih terlebih dulu, itupun tingkat kesulitannya jadi lebih tinggi.

  105. Om.. Aku baru blajar seting. Bs gak jawaban untuk mas heri ma bimo d kirim ke email aku. Thanks banyak dah

  106. bro, kalo di print separation… kan ada nilai frequency dan angle… itu pengaturan nya berdasarkan apa ya gan… mohon petunjuknya… thanx masbro :)

  107. bro, kalo di print separation… kan ada nilai frequency dan angle… itu pengaturan nya berdasarkan apa ya gan… mohon petunjuknya… thanx masbro :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s