ANDA MUNGKIN TAHU

Anda mungkin sudah tahu hal-hal berikut ini. Tapi, anggaplah sebagai penyegaran kembali. Bagi yang belum tahu, anggaplah sebagai tambahan pengetahuan.
I. Modifikasi Langsung Pada Teks Dengan Shape Tool

Jika kita memiliki suatu teks atau gabungan beberapa karakter, dan kita ingin melakukan modifikasi pada teks tersebut, maka yang kita lakukan adalah :

A. Dengan menu Character Formatting

  1. Untuk melakukan modifikasi keseluruhan teks :

    1. Klik pada teks tersebut
    2. Pada menu bar, klik Text – Character Formating. Maka pada sidebar sebelah kanan (docker) akan muncul jendela Character Formating.

    3. Pada jendela Character Formatting ini kita bisa melakukan modifikasi teks, misalnya mengganti jenis font, ukuran font, gaya penulisan (miring, tebal, dst), memberikan garis bawah, dst. Kitapun bisa mengatur jarak antar karakter (range kerning) – ini akan aktif bila kita memblok (dengan text tool) seluruh karakter yang ingin kita atur nilai kerningnya.

  2. Untuk melakukan modifikasi pada salah satu atau beberapa karakter:

    1. Dengan text tool bloklah karakter tersebut
    2. Lakukan modifikasi dengan pilihan-pilihan yang ada pada jendela Character Formatting.

B. Dengan Shape Tool :

Selain dengan pilihan menu Character Formatting, kita juga bisa melakukan modifikasi pada salah satu karakter dalam teks dengan menggunakan shape tool

Untuk melakukan modifikasi dengan shape tool ini, langkah-langkahnya adalah :

  1. Klik pada teks tersebut dengan pick tool (kursor yang berbentuk panah putih)

  2. Pilih shape tool pada tool box atau cukup tekan F10. Tampilan teks akan berubah menjadi :
  3. Untuk mengatur jarak antar karakter, tarik-tariklah handle teks horizontal ke kiri/kanan. Teks akan memiliki jarak antar karakter mengikuti pergeseran handle yang kita lakukan.

  4. Untuk mengatur jarak antar baris teks, tarik-tariklah handle teks vertikal ke atas/bawah.

  5. Klik pada handle karakter dari salah satu karakter pada teks tersebut. Jendela character formatting akan otomatis muncul pada sidebar sebelah kanan. Selain itu, pada property bar juga akan menampilkan kerning text seperti pada gambar berikut :

  6. Dengan pilihan-pilihan yang ada pada jendela character formatting atau property bar, kita bisa melakukan modifikasi-modifikasi pada karakter yang kita pilih, misalnya mengatur pergeseran horizontal/vertikal, perputaran (rotasi) dari karakter, dst.

  7. Untuk melakukan pergeseran horizontal/ vertikal dari karakter, kita bisa mengatur nilai-nilai horizontal/vertical shift pada property bar atau dengan cara :

    1. (dengan shape tool) klik dan tahan pada handle karakter

    2. (sambil tetap menekan tombol mouse) bawa dan tempatkan karakter tersebut pada posisi yang diinginkan, kemudian lepaskan tombol mouse.

    3. Untuk mengatur perputaran karakter, atur-aturlah nilai pada pilihan Angle of Rotation (rotasi karakter), baik dengan melakukan klik-klik pada tombol “٧” untuk rotasi searah jarum jam dan “٨” untuk rotasi berlawanan jarum jam, atau pun dengan menuliskan nilai rotasinya.Nilai positif akan memberikan rotasi berlawanan dengan jarum jam, dan nilai negatif akan memberikan rotasi searah jarum jam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s