Memberi Nomor Halaman Otomatis

Corel draw memungkinkan kita untuk mengerjakan lebih dari satu (banyak) halaman dalam satu file.

Akan tetapi, jika kita ingin secara otomatis memberikan nomor halaman pada setiap halaman yang kita buat, coreldraw tidak memiliki fitur standar untuk hal ini, meskipun kita bisa memberikan nomor halaman pada saat melakukan printout.

Lantas bagaimana seandainya kita ingin memberikan penomoran halaman secara otomatis pada lembar-lembar halaman kerja yang kita buat?

Untuk itu, kita membutuhkan program tambahan berupa plugin ataupun macro. Salah satu yang bisa kita gunakan untuk hal ini adalah program macro oleh Jeff Harrison yang dapat menyisipkan nomor halaman secara otomatis pada setiap halaman yang kita buat.

Setelah itu kita bisa membuat shortcut dan tool untuk mengaktifkan penomoran halaman otomatis tersebut. Langkah-langkahnya adalah :

  1. download file program macro PageNumberer.gms dan icon-nya (dalam bentuk zip).

  2. unzip dan simpan file tersebut ke dalam suatu folder tertentu, kopikan file macro pada folder plugin program coreldraw X3 yang ada pada folder “Program Files/Corel/CorelDraw Graphics Suite 13/Plugins”;

  3. jalankan program coreldraw x3

  4. buka menu ToolsOptions

  5. Pada pilihan Options, klik WorkspaceCustomizationCommands

  6. Di bawah pilihan commands, pada dropdown menu, pilih macros — CorelMacros.PageNumbering. Kemudian pada kotak menu di sebelah kanannya, klik Shortcut keys.

  7. Pada kotak New Shortcut Key dalam Shortcut Assignment tekan tombol shortcut yang kita inginkan untuk mengaktifkan menu auto page numbering (misalnya “Ctrl Shift P”) lalu klik Assign (lihat tulisan Mengatur Shortcut pada halaman CorelDraw X3).

  8. Klik jendela Appearance.

  9. Klik Import. Pilihlah file bitmap icon (Page-number-icon.bmp) yang telah kita simpan pada folder tertentu tadi. Hasilnya adalah seperti gambar di bawah :

  10. Geret (drag) icon yang muncul di bawah kotak macros ke command bar pada jendela coreldraw. Pada jendela (kotak) Option, klik OK.

  1. Apabila kita memiliki banyak halaman untuk dikerjakan dan kita ingin coreldraw memberikan nomor halaman otomatis pada setiap halaman tersebut, kita tinggal mengklik icon pada command bar atau dengan menekan shortcut yang telah kita tentukan tadi untuk mengaktifkan perintah auto page numbering. Bila ini yang kita lakukan, maka akan muncul kotak menu Page Numbering :

  2. Pada pilihan Label Text sebelum tanda “#”, ketikkan label halaman jika kita ingin setiap halaman memiliki label tertentu (misalnya : Kerja 1, Kerja 2, dst). Jika kita hanya menginginkan nomor halaman saja tanpa label, maka kosongkan saja.

  3. Klik Font. Pada jendela Font Properties, pilihlah jenis font yang yang akan digunakan. Tentukan juga dimana nomor dan label halaman akan ditempatkan : ada Top Left, Top Center, Top Right, Bottom Left, Bottom Center, dan Bottom Right.

  4. Tentukan juga ukuran dan warna font yang digunakan. Jika ingin mengganti warna font yang akan digunakan, klik Change Color dan tentukan warna penggantinya.

  5. Jika ingin penulisan nomor dan label halaman tersebut kita putar pada sudut tertentu, maka klik Effects. Pada pilihan Rotation, pilih Yes dan tentukan sudut putarnya.

  6. Bila telah kita atur semuanya, klik Apply dan Exit. Setiap halaman kita sekarang telah memiliki nomor (dan label) halaman.

Beberapa hal yang terjadi pada auto page numbering ini adalah :

  1. Kita bisa melakukan modifikasi secara manual (hapus, putar, ganti jenis dan ukuran font dsb) nomor dan label pada sembarang halaman tanpa mempengaruhi nomor dan label pada halaman lainnya.

  2. Apabila kita mendelete salah satu halaman, maka nomor dan label halaman akan tetap sama seperti yang telah kita tentukan sebelumnya. Misalnya jika kita memiliki 6 halaman yang telah diberi nomor, maka jika kita mendelete halaman 3, maka nomor halaman terakhir akan tetap tertulis “6”. Jadi, jika kita urutkan dari halaman pertama, nomor halaman yang muncul adalah : 1, 2, 4, 5, 6. Kalau ingin penomoran halaman terurut lagi sesuai jumlah halaman yang ada, kita harus mengaktifkan kembali perintah auto page numbering dengan urutan langkah seperti yang telah kita lakukan tadi.

10 thoughts on “Memberi Nomor Halaman Otomatis

  1. waw…asik juga tuch mas…
    aku dah coba..SIIPPP

    tapi kok gak bisa di buat penomeran kanan dan kiri
    seperti yang ada di tablid ato majalah

    mohon penjelasan…🙂

    makasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s