Smart Fill Tool

SMART FILL TOOL

 

Smart fill tool merupakan salah satu fitur baru yang terdapat dalam Coreldraw X3. Dengan fitur ini kita bisa melakukan pewarnaan terhadap objek-objek, sekaligus juga kita dapat menghasilkan objek-objek baru yang merupakan hasil dari perpotongan, pengurangan, ataupun penggabungan dari objek-objek awal.

 

Memberi warna dengan smart fill tool

Misalkan kita memiliki tiga objek (A, B, C) seperti gambar dibawah ini:

Bila kita susun ketiga objek tersebut seperti gambar di samping, maka sebenarnya kita dapat memiliki enam objek, yaitu masing-masing objek-objek awal (A, B, C) dan objek-objek baru yang merupakan intersep (D dan E) serta penggabungan dari ketiga objek tadi (F).

Ketiga objek baru (D, E dan F) dapat kita hasilkan setelah kita memberi warna pada area-area D dan E serta di luar area ketiga objek tersebut dengan menggunakan smart fill tool. Tetapi untuk dapat menghasilkan hal tersebut, A B C harus tidak memiliki warna sebelumnya.  Jika A B C telah terisi warna sebelumnya, dan jika B merupakan objek yang secara  urutan berada paling atas (depan), maka akan menghasilkan objek-objek A, B, C, ditambah A  dan C yang terpotong oleh B, serta gabungan dari A, B dan C.

Untuk dapat melakukan hal tersebut, langkah-langkah yang dilakukan adalah :

Pada toolbox pilihlah menu smart fill tool.  Perhatikan pada property bar (dibawah menu bar) akan terdapat menu-menu seperti gambar di bawah (jika property bar tidak muncul, pada menu bar klik window –toolbar–property bar).

 

Misalkan kita ingin memberi warna fill merah dan outline biru pada area A maka di sebelah kanan Fill Options klik tanda “v” dan pilih Specify;  klik lagi tanda “v” di sebelah kanan kotak yang warna dan pilih warna red.  Pada pilihan Outline Options pilih Specify, tentukan ketebalan garis (misalnya Hairline) dan warna outline pilih blue. Jika kita ingin tidak memberi outline pada area tertentu, maka pada Outline Options pilihlah No Outline.

Dengan cara yang sama, kita bisa tentukan warna fill dan outline pada area yang lain.  Jika kita ingin memberi warna dan outline yang sama pada keseluruhan objek, klik saja pada sembarang titik di luar area objek-objek tadi.  Akan dihasilkan objek baru yang merupakan hasil penggabungan dari A, B dan C (objek F).  Tetapi bila kita melakukan hal itu, semua objek yang ada pada dokumen kita akan terisi dengan warna dan outline yang sama sekalipun objek-objek yang ada telah kita lock (kecuali objek-objek yang ada pada hidden layer).

Contoh-contoh hasil operasi dengan smart fill tool dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

 

One thought on “Smart Fill Tool

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s