TRIM, WELD, INTERSECT |
|
Istilah-istilah : | |
Merupakan objek yang kita jadikan sebagai “alat” atau “bahan” untuk kita trim, weld atau intersect-kan dengan objek yang lain. |
|
* Target object
|
Merupakan objek yang akan dibentuk dengan menggunakan source object. |
* Trim |
menghilangkan suatu bagian dari salah satu objek yang saling tumpang tindih (overlap). Bayangkan kita memiliki sebuah pisau kue yang memiliki bentuk tertentu (misalnya kotak, lingkaran, ataupun bentuk tak teratur), dan kita memotong kue dengan cara menekankan pisau tersebut di atas bagian tertentu dari kue. Maka bagian dari kue yang tertekan pisau akan hilang (bolong), dan bagian yang hilang (bolong) tersebut akan memiliki bentuk yang sama dengan pisau yang kita gunakan. |
* Weld |
dengan perintah ini kita bisa membuat suatu bentuk baru yang merupakan gabungan dari objek-objek yang kita pilih. Objek-objek yang kita pilih bisa merupakan objek-objek yang saling tumpang tindih atau tidak. Warna dan outline dari source objek nantinya akan mengikuti (sama) dengan warna dan outline objek yang menjadi targetnya. |
* Intersect |
Merupakan suatu bentuk yang berasal dari dua atau lebih objek yang saling tumpang tindih (overlap). Jika kita punya dua buah objek (A dan B) yang saling tumpang tindih, maka intersect dari keduanya (objek C) adalah suatu bentuk yang merupakan bagian dari A dan juga dari B. |
Melakukan Tim, Weld atau Intersect |
|
Untuk melakukan trim, weld atau intersect dapat dilakukan melalui cara-cara, yaitu : | |
1. Melalui Menu bar |
: Aktifkan objek-objek yang akan dilakukan proses trim, weld atau intersect. Klik menu arrange – shaping – trim/intersect/weld. Dengan cara ini juga, maka source object dan target object ditentukan sbb : * bila kita memilih objek-objek yang akan kita trim dengan cara memblok objek-objek tersebut, maka objek yang posisinya berada di urutan paling bawah (back of page/layer) dianggap sebagai target object dan yang lainnya sebagai source objek. * bila kita memilih objek-objek yang akan kita trim dengan cara mengklik (pick) objek-objek tersebut satu per satu (shift + klik), maka objek terakhir yang kita klik akan dianggap sebagai target object dan yang lainnya sebagai source object. |
2. Melalui Menu Docker |
Aktifkan objek (atau objek-objek) yang akan kita trim/ weld/ intersect/ …. Bila jendela docker shaping belum muncul pada sidebar kanan, munculkan dengan cara mengklik pada menu bar window–dockers–shaping; bila docker shaping ada pada sidebar tapi belum terbuka, bukalah dengan cara mengkliknya. Pada docker shaping di bawah tulisan Shaping akan terdapat pilihan perintah berupa drop down menu yang berisikan Weld, Trim, Intersect, Simplify, Front Minus Back dan Back Minus Front bila kita mengklik tanda “v”. Pilihlah perintah yang ingin kita jalankan (misalnya kita pilih Trim).
|
3. Melalui shortcut |
Jika kita sebelumnya telah menentukan shortcut yang dapat kita pakai untuk mengatur perintah-perintah trim/weld/intersect, kita dapat menggunakannya untuk proses tersebut (lihat tulisan mengatur shortcut). Untuk mengatur agar source atau target object tetap ada atau terhapus, kita harus terlebih dahulu menggunakan perintah melalui menu docker dan mengatur leave original-nya di sana. |
Contoh-contoh hasil operasi | |
Misalkan kita memiliki dua objek (kotak A dan lingkaran B). Kemudian kedua objek tersebut kita atur posisinya sehingga keduanya saling tumpang tindih (overlap). Hasil dari operasi trim, weld dst dapat dilihat pada gambar di bawah ini. |
|
Saya mau tanya, kalau saya ingin gambar A (biru), dibentuk dengan pola gambar B (merah), sehingga membentuk sebuah lingkaran seperti gambar B tapi dengan pola gambar A (lingkaran berwarna biru), caranya seperti apa?
Terima kasih
Untuk AriEs, mohon maaf saya kurang begitu memahami maksud pertanyaan anda…tapi, pada proses trim, warna gambar akan tetap seperti warna masing-masing. Pada proses intersect dan weld, warna akan mengikuti warna target dari intersect dan weld. Jika pada menu shaping di docker anda klik intersect with (atau weld to), maka warna source object akan berubah mengikuti warna target object.
Untuk Marshaid, sepertinya kita memang tetap harus menyertakan file fonts-nya agar nanti bisa diinstal di folder windows/fonts. Saya belum menemukan cara agar fonts tetap bisa terbaca tanpa harus terinstal pada folder windows/fonts.
Maksud saya seperti ini: pada contoh shaping di atas, saya ingin membentuk pola lingkaran B pada kotak A?
Btw, terima kasih responnya.
saya mautanya soal trim yang bisa menyisahkan oyeknya
minta cara-caranya lagi dunk?????
ada untuk offset ga? selain trim….
bagaimana cara’a mengexport text dari corel draw x3 ke casmate-pro dengan tidak mengubah font, ukuran dsb yang sudah kita pilih
kalo bleh usul, buat contoh nya donk pake gambar objek