Menyiapkan File Sebelum Dikirim Ke Pihak Ke Tiga

Bila ingin melakukan reproduksi artwork yang kita kerjakan dengan coreldraw, kita mungkin perlu untuk terlebih dahulu melakukan proses pracetak yaitu melakukan output film sebelum membuat plat/master.   Untuk itu kita mungkin harus menyerahkan file artwork kita kepada pihak ke tiga yaitu penyedia jasa output film. 

Terkadang  pihak penyedia jasa output film menemui masalah dengan file yang kita kirimkan: mungkin mereka tidak memiliki file jenis font yang kita gunakan dalam file kita, mungkin juga mereka tidak menggunakan program grafis yang sama dengan kita (coreldraw), dsb.

Untuk mengurangi kemungkinan masalah seperti itu, maka langkah antisipasi yang kita siapkan adalah dengan mengirimkan file dalam format yang lebih compatible selain dalam format cdr tentu saja. 

Disamping itu, kita juga harus menyertakan file dari font-font yang kita gunakan dalam pembuatan file kita.  Bagaimana caranya agar itu semua dapat kita lakukan dalam program CorelDraw?

Langkah yang kita lakukan adalah sebagai berikut :

1. Pada menu File kliklah Prepare For Service Bureau

2. Muncul kotak dialog Prepare For Service Bureau Wizard.  Klik pada bulatan sebelum tulisan Gather all files associated with this document

3. Klik Next

4. Aktifkan tanda centang pada pilihan Copy fonts (jika ada)Klik Next

5. Aktifkan tanda centang pada pilihan Generate PDF untuk meyimpan artwork kita ke dalam format PDF disamping format cdr.  Klik Next.

6. Pilih lokasi tempat kita menyimpan file-file yang akan kita kirim ke pihak ke tiga dan berilah nama folder tersebut sesuai dengan file kita.

7. Selanjutnya tinggal klik Next, Next dan Finish

Sekarang artwork kita tersimpan dalam satu folder yang telah kita beri nama tadi.  Di dalam folder tersebut akan berisi: file kita dalam format cdr dan PDF; file-file font yang kita gunakan (jika ada); serta dua file text document yang masing-masing berisi keterangan tentang font yang kita gunakan serta job info dari file kita.

Selanjutnya adalah mengcopy  folder beserta isinya tersebut ke dalam media (cd atau flash disk) yang akan kita kirimkan kepada pihak ke tiga penyedia jasa output film atau plat. 

8 thoughts on “Menyiapkan File Sebelum Dikirim Ke Pihak Ke Tiga

  1. Terima kasih banyak, materi ini akan saya pakai untuk mengajar. Mudah-2 mas kambing laut dikaruniai rejeki yang melimpah karena ilmunya berguna untuk banyak orang. Salam kenal mas….

  2. boleh tambahin?!
    …..bisa juga dengan mengkonvert semua font yang ada di file tsb, dengan begitu hanya 1 file yang kita kirimkan.Tapi cara mas kambing laut lebih baik apalagi kalo file yang akan dikirim berupa sekumpulan teks (artikel dll).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s