PRINT SEPARASI DENGAN PRINTER

Dear friends,

Terimakasih atas appresiasi yang telah ditunjukkan selama ini kepada kambinglaut. Mohon maaf bila saya masih dibatasi waktu sehingga tidak selalu bisa memberikan sumbangan pengetahuan dan pengalaman.

Banyak pertanyaan seputar teknik pembuatan film untuk sablon, terutama mengenai teknik separasi warna. Dari sekian banyak pertanyaan-pertanyaan yang masuk, berikut adalah jawaban singkat saya. Mungkin banyak yang belum terjawab, tapi mudah-mudahan sedikit bisa membantu. Insya Allah bisa saya tambahkan pada postingan berikutnya.

Untuk film sablon khususnya print separasi, klik aja di sini.

6 thoughts on “PRINT SEPARASI DENGAN PRINTER

  1. Dear Idubs :

    Bisa aja! Tapi pengaturannya pada saat ngeprint, seperti yang saya jelasin pada tulisan yang dikomen.
    Pada saat ngegambarnya, supaya hasil print outnya menjadi raster, kalo satu warna jangan gunakan warna 100%. Misalnya kalo’ warnanya hitam, gunakan hitam 90%, atau 80% atau yang lainnya, tergantung ingin rasternya sebesar apa. Nanti pada saat ngeprint (printer postscipt) tentukan saja nilai lpi-nya (makin rendah, makin kasar rasternya). Kalo’ gambarnya lebih dari satu warna, misalnya ada gradasi atau separasi, juga tinggal diatur pada saat ngeprint-nya. Fasilitas pengaturan raster saat ngeprint ini diatur oleh Coreldraw (sekali lagi untuk printer yang postscript). Lihat tulisan sebelumnya.

    Semoga membantu

    Kambinglaut

  2. Salam kenal buat anda saya salut dengan apa yang anda muat. bisa bantu saya mas ada dua pertanyaan : 1.boleh tanya mas kalau printer hp cocoknya tipe berapa untuk sablon kaos separasi biar lpinya bisa sampai 65 lpi atau 35 lpi. 2. selain pakai kalkir dan kertas untuk bikin klise film pakai mika tranfaran bisa ngaga di print lewat hp laser. kalu pakai kalkir biar nga melar ada nga tekniknya. biasanya saya melar kalau pakai kalkir 80g untuk pisah warna nga pas. tks atas jawabannya. salam

  3. salam kenal,
    mas tlg bisa bantu sy?
    selama ini sy mengerjakan sablon diatas bahan plat besi (box untuk audio) dan sy ingin hasil tulisannya timbul,tp nggak tahu gmn caranya atau pake cat khusus apa pake campuran lain tolong penjelasannya.
    Makasih sebelumnya.klo bisa jwbn dikirim ke email sy
    pal.malang@telkom.net

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s