Menyisipkan Tabel Excel

Menyisipkan tabel excel pada lembar kerja (halaman) CorelDraw dilakukan jika kita ingin menyertakan sebuah tabel yang kita kerjakan sebelumnya pada program Excel.

Tabel yang kita kerjakan pada program excel hasilnya akan lebih bagus dan pengerjaannya juga lebih mudah dibanding dengan CorelDraw, misalnya dalam hal pengaturan lebar kolom atau tinggi garis, pengeditan angka-angka dan hasil perhitungan.

Ini akan sangat bermanfaat jika misalnya kita ingin menampilkan tabel hasil-hasil perhitungan atau yang sudah kita buat di Excel tanpa harus menuliskan ulang di CorelDraw. Caranya sangat sederhana, cukup dengan perintah copy dan paste saja.

Langkah-langkah yang kita lakukan adalah:

  1. Buka file Excel dimana terdapat tabel yang ingin kita sertakan pada fila CorelDraw

    docexcel

  2. Blok area tabel yang akan kita ambil

    block

  3. Klik kanan dan pilih copy (atau cukup tekan tombol “ctrl” + “C”)

  4. Masuk kepada halaman CorelDraw dimana tabel tersebut ingin kita sisipkan

  5. Pada menubar CorelDraw klik Edit — Paste Special. Akan muncul jendela menu Paste Special.

    pastspec

  6. Pada menu Paste Special tersebut terdapat pilihan (paste) As : Paste dan Paste Link.

  7. Jika ingin isi tabel yang kita sisipkan adalah sebagaimana adanya tabel pada saat itu, maka aktifkan pilihan Paste. Jika ingin tabel yang kita sisipkan akan link dengan tabel yang ada pada file Excel-nya, aktifkan pilihan Paste Link.

  8. Pada pilihan Paste, di sebelah kanannya akan ada pilihan-pilihan tabel yang ingin kita sisipkan itu diperlakukan sebagai Microsoft Excel Worksheet, sebagai gambar (picture atau bitmap) atau sebagai text. Agar dia tetap sebagai tabel pilihlah Microsoft Excel Worksheet.

  9. Klik OK

  10. Arahkan pointer pada bagian dari halaman CorelDraw dimana tabel tersebut akan kita tempatkan dan klik kiri mouse di sana.

Dengan langkah-langkah tersebut, maka setiap kali kita melakukan editing pada tabel tersebut, maka kita akan masuk pada menu-menu seperti pada program Excel. Kitapun bisa melakukan perintah-perintah seperti pengaturan lebar kolom atau tinggi baris, memasukkan formula, mengubah nilai-nilai, dsb.

exclincor

Jika telah selesai, klik pada area di luar tabel tersebut dan kita akan kembali kepada menu-menu pada CorelDraw.

15 thoughts on “Menyisipkan Tabel Excel

  1. numpang nanya ya.. bgmn caranya supaya excel table yg kita paste ke corel draw bisa di mirror? pengalamanku kalau table excel di mirror di corel draw, hasilnya malah ngga bisa kebaca tuh… please help..

  2. mas saya dah cb tips mas yg d atas tp ko hasil d corelnya hanya kotak hitam ya bukan tabel seperti di excel… tolong kasih tips supaya hasil d corelnya ga hitam

  3. mas saya dah cb tips mas yg d atas tp ko hasil d corelnya hanya kotak hitam ya bukan tabel seperti di excel… tolong kasih tips supaya hasil d corelnya ga hitam

    bner hanya kotak hitam gi8mana tuh

  4. mas brow, dah tak coba tapi munculnya di layar corel tu item blok, tp klo di klik 2x bisa di buka. pas dah di klik dluar area jadi item lagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s