Virus L@tif@h: Bikin Resah

Adik saya mengeluh bahwa komputernya terkena virus. Dampak yang ditimbulkan dari virus tersebut tergolong mengganggu dan mungkin juga membahayakan. Yang terjadi adalah : semua file yang berekstensi doc (microsoft word) “menghilang”, yang muncul adalah file baru dengan icon dan nama file yang sama tetapi dengan ekstensi exe. Memang tidak sampai membuat komputer berhenti bekerja, tetapi terasa sangat mengganggu. Apalagi setiap kali kita memasang flash disk atau floppy disk, tiba-tiba dengan sendirinya terdapat satu file word ( dengan ekstensi exe) yang terkopi ke flash atau floppy disk. File-file tersebut, bila kita lihat melalui propertynya akan menampilkan keterangan yang sama, pada bagian version akan tertulis:

  1. company : 67KB
  2. file version : 1.00
  3. Internal Name: L@tif@h][
  4. Original File Name: L@tif@h][.exe
  5. Product Name: L@tif@h.B
  6. Product Version: 1.00

Ternyata virus ini menyebar lewat flashdisk yang biasa digunakan adik saya. Dan karena adik saya sering bertukar file dengan teman-temannya melalui flashdisk, kemungkinan sang virus juga telah menjangkiti komputer-komputer mereka.

Saya telah mencoba menggunakan beberapa program antivirus yang biasa dan sering kita gunakan, tetapi virus masih tetap ada. Aktifitas virus ini tidak bisa dihentikan dengan cara biasa. Virus ini membuat program windows task manager tidak bisa dijalankan — ada pesan yang berbunyi “task manager is disable by administrator”. Virus ini juga mematikan program “regedit” dan “msconfig”. Cape deh…

Setelah mencari informasi ke sana-sini, akhirnya — berkat jasa orang-orang baik hati di internet–saya berhasil mengusir sang virus dari komputer, dan task manager kembali bisa berfungsi

Saya mencoba menggunakan beberapa program antivirus yang saya download dari internet diantaranya adalah dari PCMEDIA yaitu PCMAV-SE (kunjungi : www.pcmedia.co.id) dan AVIRA-ANTIVIR (kunjungi : www.avira.com)

Virus sudah berhasil saya atasi, tapi sekarang saya sedang berusaha dan terus mencari informasi bagaimana caranya memperbaiki program “regedit” dan “msconfig” yang sudah terlanjur dirusak dan belum berhasil diperbaiki.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s